Bougenville atau bunga kertas merupakan salah satu tanaman hias populer. Bentuknya berupa pohon kecil yang sukar tumbuh tegak. Keindahannya berasal dari seludang bunganya yang berwarna cerah dan menarik perhatian karena tumbuh dengan rimbunnya. Seludang bunga ini kerap dianggap sebagai bagian bunga, walaupun bunganya yang benar adalah bunga kecil yang terlindung oleh seludang.

Bunga kertas mempunyai bagian tanaman yang berwarna-warni. Oleh karena itu, bunga kertas menjadi tanaman hias yang sangat populer karena kecantikkan warnanya.

Warna bunga ini sangat beragam antara lain merah terang, merah pucat, orange, putih, ungu, dan masih banyak lagi. Karena keindahan warnanya maka bunga kertas ini sering digunakan untuk berbagai keperluan, seperti hiasan rambut, dicampurkan dengan air untuk keperluan mandi bunga atau spa. Namun, juga bisa digunakan untuk acara duka seperti upacara pemakaman orang India dan Cina.

Budidaya dan perawatan tanaman bunga kertas ini cukup mudah dilakukan, salah satu cara perbanyakannya adalah menggunakan cara stek batang.

Jika anda tertarik untuk membudidayakannya berikut ini penjelasan lengkap mengenai cara stek bunga bougenville.

PERSIAPAN BATANG STEK

  • Pilihlah tanaman induk yang akan diambil batang steknya yang sehat, pertumbuhannya baik serta bebas dari serangan hama dan penyakit.
  • Pilih dahan yang sudah tua kemudian potong sepanjang 20 cm menggunakan gunting stek/pisau yang tajam, runcingkan pangkal batangnya.
  • Pangkas daun dan bunganya, akan tetapi sisakan sedikit daun di ujungnya.
  • Rendam pangkal batang stek pada larutan ZPT selama 2-6 jam, larutan ZPT ini dapat anda buat sendiri menggunakan bahan utama bawang merah sebanyak 2 siung yang ditumbuk/dihaluskan dan dicampur dengan air bersih sebanyak 1 gelas. Larutan bawang merah ini berfungsi sebagai perangsang tumbuhnya akar dan anti jamur pada batang yang di stek.

PENANAMAN PADA POLYBAG

  • Siapkan media tanam stek dengan komposisi tanah, pupuk kandang/kompos dan arang sekam, perbandingannya adalah 1:1:1, campurkan semua bahan hingga merata. Masukkan media tanam pada polybag kemudian siram hingga benar-benar basah dan merata.
  • Buat lubang tanam menggunakan kayu pada polybag.
  • Siapkan 1 siung bawang merah, tancapkan pangkal batang stek pada bawang merah tersebut dan jangan di lepas.
  • Tanam batang stek beserta bawang merah, tutup lubang tanam dan sedikit padatkan agar batang stek erat tertancap dan tidak mudah goyah.
  • Sungkup stek menggunakan plastik transparan, ikat atau satukan plastik sungkup dengan polybag menggunakan lakban atau tali.
  • Letakkan polybag di tempat yang terhindar dari sinar matahari langsung.
  • Sungkup sudah dapat dibuka setelah 3-4 minggu atau setelah stek tersebut tumbuh tunas.

Demikian ulasan mengenai cara stek bunga bougenville, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit bunga bougenville/bunga kertas ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Sumber : Channel Youtube Anak Petani