Stek merupakan salah satu cara untuk menumbuhkan bagian atau potongan dari tanaman, sehingga akan tumbuh menjadi tanaman yang baru. Macam-macam atau jenis stek tanaman untuk perkembangbiakan tanaman ada tiga jenis yaitu stek batang, stek daun dan juga stek akar.

Salah satu keuntungan dari stek adalah tanaman yang baru akan memiliki sifat yang sama dengan sifat induknya.

Terdapat berbagai jenis tanaman yang dapat dilakukan penyetekan, salah satunya adalah tanaman buah anggur dengan metode stek batang.

Stek tanaman buah anggur ini sangat praktis dan mudah, bahkan dapat dilakukan dengan tanpa perangsang akar sekalipun.

Kunci dari stek tanaman anggur ini berada pada pemilihan batang/cabang tanaman anggur yang akan distek, pemilihan media tanam stek yang tepat dan proses pemeliharaan stek.

Untuk selengkapnya mari simak ulasan mengenai Cara Stek Batang Tanaman Anggur berikut ini :

PERSIAPAN ALAT DAN BAHAN

Langkah pertama yaitu menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, diantaranya adalah :

  • Tanaman induk yang akan diambil batangnya untuk di stek
  • Gunting tanaman atau pisau yang tajam
  • Polybag ukuran sedang/gelas plastik bekas air mineral
  • Media tanam berupa tanah dan sekam padi

TAHAP PENYETEKAN

Siapkan batang anggur yang akan di stek, pilihlah batang dari tanaman anggur yang produktif, pertumbuhannya baik dan bebas dari serangan hama dan penyakit, pilihlah yang sudah berwarna coklat/sudah berkayu.

Pangkas semua ranting dan daunnya, kemudian potong-potong batang tersebut  dengan panjang sekitar 20 cm atau minimal memiliki 2 ruas mata tunas, adapun cara pemotongannya adalah pada potongan atas batang stek dipotong miring sedangkan pada bagian bawahnya ( bagian yang akan ditancapkan ke tanah ) jika terdapat mata tunas pangkas saja, karena akan menjadi tempat munculnya akar.

Siapkan gelas atau wadah sejenisnya untuk merendam bibit selama kurang lebih 2 jam.

Selanjutnya siapkan media tanam batang stek dengan komposisi tanah yang subur dan sekam padi, aduk hingga merata.

Sebenarnya ada beberapa media tanam untuk stek batang anggur, seperti air, cocopeat dan sebagainya, semua media tersebut memiliki keunggulan tersendiri, jika menggunakan air biasanya akar akan tumbuh terlebih dahulu, dan jika menggunakan cocopeat akar akan tumbuh terlebih dahulu, sedangkan jika menggunakan tanah pertumbuhan akan seimbang antara tunas dan akar.

Masukkan media tanam dimana pada kesempatan kali ini kita menggunakan tanah dan sekam padi, ke dalam gelas plastik bekas air mineral hingga penuh.

Tancapkan batang stek pada media yang sudah disiapkan, untuk mempercepat pertumbuhan akar, olesi batang stek dengan perangsang akar berupa bawang merah atau perangsang akar lainnya.

Siram media tanam dan batang stek, kemudian letakkan di tempat yang teduh, atau bisa juga diletakkan pada wadah seperti pot besar yang ditutup atasnya.

Setelah 2 bulan, batang stek biasanya sudah mulai tumbuh tunas baru dimana hal tersebut menandakan pertumbuhan akar pula.

Bibit hasil stek batang ini dapat dipindah pada media tanam yang lebih besar jika pertumbuhan bibit telah baik dengan tinggi tunas sekitar 20 cm dan perakaran telah tumbuh banyak.

Demikian ulasan mengenai Cara Stek Batang Tanaman Anggur semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit tanaman buah anggur ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi : Channel Youtube Rumah bibit