Cara Merawat Pohon Belimbing

Agar tanaman belimbing yang ditanam dapat tumbuh berkembang dan berproduksi secara optimal, perawatan merupakan hal mutlak yang harus dilakukan, terlebih pada tanaman belimbing yang ditanam dalam pot, dimana tanaman tersebut memiliki keterbatasan ruang gerak akar untuk mendapatkan kebutuhan air dan unsur hara.

Cara Merawat Pohon Belimbing yang ditanam dalam pot setidaknya meliputi penyiraman, pemupukan, pemangkasan dan pembungkusan buah, berikut ini penjelasan selengkapnya.

PENYIRAMAN

Tanaman belimbing sangat menyukai air maka dari itu agar kebutuhan air tercukupi dan pertumbuhannya dapat optimal, maka dari itu lakukanlah penyiraman setiap hari secara rutin pada pagi atau sore hari. Dan pada musim kemarau penyiramannya membutuhkan 5-10 liter air per hari.

PEMUPUKAN

Pemupukan pada tanaman belimbing terbagi menjadi 2 tahap yaitu pemupukan pada awal penanaman atau fase vegetatif dan pemupukan menjelang berbunga atau fase generatif.

Pemupukan pada awal penanaman diberikan 1 bulan setelah penanaman, pupuk yang diberikan adalah NPK Mutiara 25:7:7 dengan konsentrasi 10 gram per liter air. Sedangkan pemupukan menjelang berbunga diberikan pada usia tanaman 5 bulan, pupuk yang diberikan adalah NPK Mutiara 16:16:16 dengan konsentrasi 10 gram per liter air dan diberikan 3 bulan sekali.

Cara pemberian pupuk tersebut dapat dilarutkan dengan air untuk dikocorkan atau ditanam di sekitar tajuk tanaman sedalam 5 cm.

Sebagai tambahan, pupuk kandang juga bagus untuk diberikan dengan dosis 5-10 kg per pohon dan diberikan setiap 6 bulan sekali.

PEMANGKASAN

Pemangkasan dilakukan untuk membentuk tajuk tanaman agar tidak saling beradu dengan tajuk tanaman lain. Selain itu pemangkasan juga berfungsi untuk mendorong produksi buah dan memudahkan pemanenan karena pohon tumbuh tidak terlalu tinggi.

Pemangkasan terbagi menjadi 2 yaitu pemangkasan bentuk dan pemangkasan peremajaan.

Pemangkasan bentuk bertujuan agar sinar matahari dapat masuk sehingga mengurangi kelembaban dan juga menjaga kesehatan pohon agar tetap prima.

Sedangkan pemangkasan peremajaan dilakukan untuk menjaga pohon agar tidak terlalu tinggi sehingga mudah dirawat.

PEMBUNGKUSAN BUAH

Pembungkusan buah ini dilakukan saat ukuran buah sebesar kelereng. Dalam satu rangkaian dipilih satu buah yang memiliki bentuk dan pertumbuhan terbaik lalu dibungkus. Bahan pembungkus dapat berupa 2 lapis kertas karbon bekas yang diikat pada kedua ujungnya. Atau bisa juga menggunakan kertas koran dan dilapisi dengan kantong plastik yang bagian bawahnya dilubangi untuk mencegah kelembaban yang terlalu tinggi.

Demikian ulasan mengenai Cara Merawat Pohon Belimbing, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit belimbing ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Kebun Indra Tarigan

Bacaan Terkait

Cara Semai Benih OkraCara Semai Benih Okra

Okra atau Bendi (Abelmoschus esculentus Moench) adalah sejenis tumbuhan berbunga dalam suku Malvaceae yang berasal dari kawasan di sekitar Ethiopia. Tanaman ini banyak ditemui di kawasan tropis. Ukurannya sebesar cabai