Cara Menumbuhkan Tunas Jahe dengan Cepat

Sebelum bibit jahe ditanam pada lahan penanaman, polybag ataupun karung sebaiknya disemai terlebih dahulu untuk menumbuhkan tunasnya. Tujuan penyemaian ini adalah agar saat penanaman nantinya dapat dipilih hanya bibit tanaman yang tumbuh baik dan sehat saja sehingga pertumbuhan tanaman nantinya dapat seragam.

Untuk menumbuhkan tunas jahe dengan cepat pada penyemaian, terdapat banyak metode yang dilakukan oleh para petani. Dan dari masing-masing metode tersebut memiliki kelebihan tersendiri.

Nah pada kesempatan kali ini Kampus Tani akan mengulas mengenai Cara Menumbuhkan Tunas Jahe dengan Cepat.

PEMILIHAN BIBIT

Pastikan bahwa bibit jahe yang akan ditanam merupakan bibit yang sehat serta terbebas dari penyakit. Pastikan pula bahwa bibit sudah cukup umur, yaitu minimal berumur 9 – 10 bulan, padat dan keras, sehingga layak untuk ditanam. Hal ini penting untuk diperhatikan karena bibit yang baik merupakan faktor penunjang keberhasilan dalam budidayanya.

PERLAKUAN BIBIT

Setelah mendapatkan bibit yang bagus sebagaimana dijelaskan di atas, langkah selanjutnya adalah memberikan perlakuan awal bibit sebelum ditunaskan.

Jemur bibit tersebut selama kurang lebih 1 jam di bawah terik matahari, setelah itu rendam bibit jahe pada air larutan perangsang akar/ZPT yang berfungsi untuk merangsang dan mempercepat penunasan. Perangsang akar/ZPT ini banyak dijual di toko-toko pertanian sehingga mudah untuk didapatkan, seperti SentraTani  misalnya.

PROSES ISOLASI

Maksud dari proses isolasi ini adalah semacam pemeraman bibit, namun dengan teknik tertentu yang bertujuan agar proses penunasan dan pembentukan akar lebih cepat.

Caranya adalah terlebih dahulu mempersiapkan ember yang memiliki tutup dan tanah gembur yang subur. Masukkan tanah satu lapis pada dasar ember kemudian susun bibit jahe secara berjajar, kemudian tutup menggunakan tanah yang sama dan susun kembali bibit jahe secara berjajar sebagai lapisan kedua dan begitu seterusnya hingga semua bibit tertanam. Jika bibit yang akan ditunaskan banyak, bisa menggunakan wadah yang besar, sedangkan jika bibit hanya sedikit, cukup menggunakan wadah yang kecil.

Setelah selesai tutup rapat ember/wadah tersebut.

Metode isolasi ini dinilai cukup cepat dalam menunaskan bibit jahe, karena jika tahapan tahapan diatas dilakukan dengan benar maka dalam waktu 4 hari bibit sudah bertunas dan sudah mulai menumbuhkan akar. Dan bibit yang telah ditunaskan tersebut sudah siap ditanam setelah 7 hari, baik itu pada lahan, polybag ataupun karung, dan dengan penunasan ini proses pertumbuhan bibit akan lebih cepat.

Cara kerja metode isolasi ini sebenarnya cukup sederhana, yaitu membuat bibit jahe dalam kondisi pengap pada wadah tertutup, dalam kondisi ini bibit lebih cepat dalam proses pertumbuhan akar dan pertumbuhan tunasnya.

Namun jika bibit jahe langsung ditanam pada lahan, polybag ataupun karung tanpa melalui proses isolasi, meskipun sudah dilakukan perendaman pada ZPT, proses pertumbuhan tunas serta perakarannya cukup lama yaitu sekitar 15-20 hari baru akan muncul mata tunasnya.

Demikian ulasan mengenai Cara Menumbuhkan Tunas Jahe dengan Cepat, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit jahe ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi: Channel Youtube AHI AN TV

Bacaan Terkait