Cara Menggunakan Pestisida Yang Tepat

Dalam dunia pertanian tentunya tidak lepas dari penggunaan pestisida baik itu pestisida kimia maupun organik. Pestisida adalah suatu zat yang digunakan untuk mengendalikan perkembangan atau membunuh organisme yang mengganggu kelangsungan kehidupan tanaman.

Pestisida berdasarkan fungsi dan jenis sasarannya digolongkan menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Insektisida, yaitu suatu zat yang digunakan untuk mengendalikan hama serangga atau insek.
  • Akarisida, yaitu suatu zat yang digunakan untuk mengendalikan hama tungau atau kutu.
  • Bakterisida, yaitu suatu zat yang digunakan untuk mengendalikan atau menghentikan perkembangan bakteri.
  • Herbisida, yaitu suatu zat yang digunakan untuk mengendalikan atau membunuh rumput dan tumbuhan pengganggu tanaman/gulma.
  • Rodentisida, yaitu suatu zat yang digunakan untuk mengendalikan atau membunuh hama tikus.
  • Moluskisida, yaitu suatu zat yang digunakan untuk mengendalikan hama siput.
  • Fungisida, yaitu suatu zat yang digunakan untuk mengendalikan atau membunuh jamur atau cendawan.

Nah, dalam menggunakan pestisida tersebut harus dilakukan dengan tepat agar pestisida yang diaplikasikan dapat memberikan manfaat yang optimal bukan malah sebaliknya. Cara menggunakan pestisida yang tepat disini setidaknya memenuhi 6 tepat yang mana penjelasannya akan kami ulas secara lengkap berikut ini.

TEPAT JENIS DAN SASARAN

Tepat jenis pestisida dan tepat sasaran ini diletakkan pada urutan pertama karena memang ketepatan inilah yang akan menentukan keberhasilannya. Misalnya untuk mengendalikan sasaran berupa serangga maka gunakanlah pestisida berjenis insektisida, sedangkan untuk mengendalikan jamur maka gunakanlah fungisida. Dalam hal ini sesuaikan saja jenis pestisida dengan jasad sasaran sebagaimana telah disebutkan diatas.

Selain hal tersebut, agar penggunaan pestisida disini tepat sasaran juga harus memperhatikan jenis pestisida berdasarkan sifat pengendaliannya, yaitu:

  • Preventif dan protektif, pestisida yang bersifat preventif dan protektif ini adalah pestisida yang berfungsi sebagai pencegahan dan juga protektan,sehingga efektif digunakan sebelum tanaman mengalami infeksi penyakit.
  • Kuratif, adalah pestisida yang berfungsi dalam pengendalian dan pengobatan tanaman dari serangan penyakit.
  • Eradikatif, adalah pestisida yang berfungsi untuk memusnahkan penyakit yang sudah mengalami penyebaran. Pestisida jenis ini digunakan jika intensitas serangan sudah sangat tinggi dan terjadi penyebaran diantara tanaman.

Setelah mengetahui sifat-sifat pestisida tersebut maka kita dapat mengetahui pestisida apa yang tepat untuk digunakan. Jika belum ada serangan dan hanya untuk pencegahan saja maka pilihlah pestisida preventif atau protektif. Jika sudah ada serangan namun belum banyak, maka gunakanlah pestisida kuratif, dan jika serangan sudah sangat luas maka gunakanlah pestisida eradikatif.

Untuk mengetahui apakah suatu pestisida itu termasuk preventif, protektif, kuratif atau eradikatif lihatlah kemasan dari pestisida tersebut.

TEPAT MUTU

Tepat mutu berarti kita memilih mutu pestisida yang terbaik, jangan membeli pestisida yang labelnya sudah tidak jelas. Perhatikan pula tanggal kadaluarsanya, jangan tergoda dengan harga murah namun sebentar lagi kadaluarsa.

TEPAT DOSIS

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, dosis berarti takaran. Maka tepat dosis disini artinya harus tepat dalam takaran pestisidanya. Dosis pestisida ini biasanya tertera pada label kemasan pestisida tersebut. Namun sering terjadi anggapan yang salah yaitu semakin tinggi dosisnya maka efek dari pestisida akan semakin baik pula. Padahal dibalik penggunaan dosis yang berlebihan ada hal negatif yang akan terjadi, yaitu:

  • Resistensi, Resistensi adalah suatu kondisi dimana terjadi kekebalan pada suatu organisme terhadap dosis suatu pestisida bahkan kekebalan pada pestisida itu sendiri.
  • Resurgensi, Resurgensi adalah suatu kondisi ledakan populasi suatu organisme pengganggu tanaman akibat musuh alaminya mati akibat dari cara melakukan pengendalian yang salah, misalnya penggunaan dosis pestisida yang berlebihan.

TEPAT WAKTU

Waktu pengaplikasian suatu pestisida harus disesuaikan dengan kondisi serangannya. Jika serangannya belum begitu besar atau masih dalam batas yang tidak merugikan dan masih bisa ditangani oleh musuh alaminya maka tidak perlu dilakukan pengendalian menggunakan pestisida. Namun jika memang ingin mengaplikasikan pestisida maka aplikasikanlah pestisida yang bersifat preventif dan protektif, dengan waktu aplikasinya dilakukan sebelum terjadi serangan.

Pemberian pestisida protektif terutama fungisida protektif diaplikasikan jika ingin melindungi tanaman setelah diguyur hujan lebat. Sedangkan untuk aplikasi pestisida kuratif dilakukan pada tanaman yang terkena serangan hama, sedangkan yang tidak kena diberi dengan pestisida protektif, atau bisa juga dengan mencampurkan keduanya.

Dan khusus untuk aplikasi pestisida berupa insektisida kontak maka aplikasinya dilakukan pada saat ada hama yang sedang menyerang. Maka dari itu perlu dilakukan pengamatan kapan hama tersebut menyerang apakah pagi, sore atau malam.

TEPAT CARA DAN TEPAT APLIKASI

Agar pestisida dapat berfungsi sebagaimana mestinya maka dalam penggunaannya harus tepat cara dan tepat aplikasi. Seperti misalnya pemberian fungisida sistemik dengan tujuan menyerang penyakit tanaman akibat jamur yang sudah menjalar ke bagian tanaman, pemberiannya sebaiknya melalui stomata tanaman. Tujuannya agar langsung bisa terserap tanaman dan segera bisa ditranslokasikan ke bagian yang terkena serangan penyakit.

Maka dari itu aplikasinya harus tepat pada stomata tanaman dan waktunya pun harus sesuai saat stomata terbuka yaitu pagi sampai sore hari. Dan agar aplikasinya lebih cepat maka gunakanlah booster sprayer saat mengaplikasikannya.

TEPAT HARGA

Pilihlah pestisida yang harganya pas dikantong anda jika memang bahan aktif serta persentase kandungan aktifnya sama. Misalnya fungisida Antila 80 WP dan Dithane M-45 80 WP yang mana keduanya mempunyai bahan aktif mancozeb dengan persentase kandungan bahan aktif 80%, maka pilihlah yang harganya paling sesuai dengan budget.

Pada intinya dalam menentukan pestisida yang akan digunakan sesuaikan saja dengan budget atau anggaran.

Demikian ulasan mengenai Cara Menggunakan Pestisida Yang Tepat, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli pestisida ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi: Channel Youtube Penyuluh Pertanian Lapangan

Bacaan Terkait