Cara Mengatasi Penyakit Kerdil Pada Tanaman Pisang

Kehadiran penyakit dalam budidaya tanaman memang umum terjadi, begitu juga pada tanaman pisang.

Penyakit pada tanaman pisang yang menjadi ancaman serius selain layu fusarium adalah penyakit kerdil kuning atau disebut banana bunchy top virus (BBTV).  Penyakit ini banyak menyerang kultivar komersial seperti Ambon Kuning, Ambon Hijau, Barangan, Mas, Nangka, dan lain-lain.

Sampai sejauh ini belum ada kultivar pisang yang tahan BBTV. BBTV adalah virus DNA berantai tunggal melingkar (diameter 18-20 nm) yang menyebabkan kondisi kerdil pada tanaman pisang.

Virus BBTV ini menyebar luas dari satu tempat ke tempat lainnya dengan 2 cara yaitu dengan perantara manusia melalui bahan tanam yang diperoleh dari tanaman yang terinfeksi serta penyebaran dari tanaman ke tanaman oleh serangga vektor yaitu kutu daun aphid pentalonia nigronervosa (Hemiptera, Aphididae). 

Kutu daun (Pentalonia nigronervosa) hinggap pada daun muda di bagian pangkal daun yang masih menggulung, sehingga sepintas hama tersebut tidak tampak dari kejauhan.

Dari hasil penelitian, virus BBTV ini tidak ditularkan melalui tanah, dan penularannya sebagaimana dijelaskan diatas yaitu selain disebarkan serangga vektor juga melalui bahan tanam.

Gejala serangan BBTV diantaranya adalah daun muda lebih tegak, pendek, sempit dengan tangkai yang lebih pendek dari biasanya, menguning sepanjang tepinya, dan mengering. Daun menjadi rapuh dan mudah patah. Tanaman terhambat pertumbuhannya/kerdil dan daun-daun membentuk roset (susunan daun yang melingkar dan rapat berhimpitan) pada ujung batang palsu.

Tanaman pisang yang terinfeksi pada awal pertumbuhannya jarang sekali dapat menghasilkan buah, sedangkan tanaman yang terinfeksi pada masa pertengahan pertumbuhannya akan menghasilkan tandan buah bentuknya memilin. Infeksi tanaman yang terjadi pada akhir pertumbuhan akan memunculkan gejala yang berupa garis-garis hijau gelap pada bagian ujung kelopak

Jika melihat efek negatif serta kerugian yang ditimbulkan dari serangan penyakit kerdil pada tanaman pisang maka harus segera diatasi dengan melakukan pengendalian yang tepat.

Untuk mengetahui bagaimana Cara Mengatasi Penyakit Kerdil Pada Tanaman Pisang, berikut ini kami ulas penjelasannya secara lengkap.

Cara yang paling efektif dalam pengendalian BBTV yakni dengan cara eradikasi/pemusnahan tanaman sakit, yaitu mencabut dan menghancurkan tanaman pisang yang terinfeksi. Karena inang BBTV hanya tanaman pisang, maka dengan eradikasi tanaman-tanaman pisang yang terinfeksi akan mengurangi kesempatan serangga vektor/aphid untuk mendapatkan sumber virus. Selain itu juga dengan cara mencegah masyarakat untuk mendapatkan dan menyebarkan bahan tanaman yang sudah terinfeksi BBTV.

Lakukan pula pengendalian serangga vektor dengan mengaplikasikan insektisida, dan menggunakan bahan tanam (benih) bebas virus. Benih pisang bebas virus bisa dihasilkan melalui perbanyakan secara kultur jaringan. Namun demikian bahan tanam yang digunakan untuk kultur jaringan harus dipastikan bebas dari virus. 

Demikian ulasan mengenai Cara Mengatasi Penyakit Kerdil Pada Tanaman Pisang, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit pisang, insektisida ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Bacaan Terkait