Cara Menanam Brokoli di Halaman Rumah

Tanaman Brokoli atau Brassica oleracea L. adalah tanaman sayur yang masuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Bagian dari tanaman brokoli  yang dikonsumsi yaitu pada bagian kepala bunga yang berwarna hijau dan tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang tebal. Pada sebagian kepala bunga dikelilingi oleh daun. Brokoli mirip dengan kembang kol, hanya saja brokoli berwarna hijau pekat sedangkan kembang kol berwarna putih. 

Brokoli ini cukup mudah dijumpai di pasaran dan para penjual sayur, namun jika Anda ingin membudidayakannya sendiri pun bisa karena membudidayakan brokoli ini cukup mudah, bahkan brokoli ini dapat ditanam di halaman rumah sehingga memudahkan pemantauan dan perawatan serta dapat digunakan untuk memanfaatkan lahan kosong.

Untuk mengetahui bagaimana Cara Menanam Brokoli di Halaman Rumah, berikut ini kami ulas penjelasannya secara lengkap.

PERSIAPAN BENIH

Langkah pertama yang harus dipersiapkan adalah benih atau bijinya, karena brokoli umumnya ditanam dari benih atau bijinya tersebut. Pilihlah benih yang berkualitas unggul karena memiliki persentase pertumbuhan yang tinggi dan ketahanan yang baik terhadap serangan hama penyakit, sehingga keberhasilan budidayanya lebih besar.

Benih brokoli berkualitas unggul saat ini cukup mudah diperoleh di toko-toko pertanian sekitar Anda atau bisa juga dibeli di SentraTani.com.

Benih brokoli ini biasanya disemai terlebih dahulu sebelum ditanam, namun sebenarnya benih brokoli in juga dapat ditanam langsung tanpa harus disemai terlebih dahulu, terutama ini dilakukan jika menanam dalam jumlah yang sedikit seperti penanaman di halaman rumah untuk konsumsi sendiri karena hal ini dinilai lebih praktis.

TAHAP PERSIAPAN LAHAN PENANAMAN

Lahan untuk menanam brokoli dapat berupa raised bed ataupun bedengan. Jika penanamannya dilakukan di halaman rumah, penggunaan raised bed lebih disarankan karena lebih praktis dan terlihat lebih rapi.

Raised bed adalah semacam bak tanpa alas untuk wadah media tanam. Adapun cara membuat raised bed adalah dengan membuat semacam bak, baik itu menggunakan batu bata, genteng ataupun kayu. Sedangkan ukurannya adalah panjang 2 meter, lebar 1 meter tinggi 30 cm, atau sesuaikan saja dengan kebutuhan dan kondisi lahan.

Tambahkan media tanam di dalamnya yaitu berupa tanah gembur yang subur dan sekam padi mentah. Aduk hingga merata kemudian rapikan kembali permukaan raised bed dan media tanam dalam raised bed siap untuk ditanami.

TAHAP PENANAMAN

Penanaman brokoli diawali dengan membuat lubang tanam, tidak perlu terlalu dalam karena benih brokoli sangat kecil. Dan untuk jarak tanam dibuat lebih lebar karena daun tanaman brokoli ini dapat tumbuh besar dan lebar.

Tanam benih/biji brokoli dengan memasukkannya pada lubang tanam, setiap lubang diisi dengan satu biji. Kemudian ikuti dengan penyiraman secukupnya dan penyiraman berikutnya dilakukan rutin setiap hari.

Setelah 5 hari dari penanaman, biji brokoli sudah mulai tumbuh dan setelah 15 hari sudah tumbuh beberapa daun dan tampak hijau, pada usia ini lakukan pemangkasan daun lembaga yang berada pada helaian daun paling bawah.

Selanjutnya pada usia ini pula pemupukan sudah mulai dapat dilakukan. Adapun pupuk yang diberikan adalah pupuk NPK 16:16:16 yang diaplikasikan dengan cara dikocor. Dosisnya adalah 2 sendok makan untuk dilarutkan ke dalam 18 liter air. Sedangkan interval pemberiannya adalah setiap 3 hari sekali.

Pertumbuhan tanaman brokoli yang ditanam dari biji akan terlihat lebih cepat setelah berumur 50 hari ke atas.

Seiring dengan pertumbuhannya tanaman brokoli akan semakin meninggi maka dari itu lakukan penimbunan pada pangkal batang secara bertahap.

Bunga brokoli akan mulai muncul di usia 80 hari ke atas, dan brokoli yang ditanam dari biji baru bisa dipanen setelah berusia 100 hari, agak lebih lama jika dibandingkan dengan brokoli yang ditanam dari bibit atau melalui proses penyemaian terlebih dahulu.

Cara memanennya yaitu dengan memangkas semua daunnya dan menyisakan brokoli dan beberapa daun di bawahnya kemudian pangkas pada pangkal batangnya.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Brokoli di Halaman Rumah, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli benih brokoli ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube oky channel

Bacaan Terkait

Cara Membuahkan BidaraCara Membuahkan Bidara

Setelah sebelumnya kita membahas Cara Menanam Bidara Arab Dari Biji, selanjutnya saat tanaman bidara berumur 6 bulan maka tanaman tersebut sudah dapat dilakukan proses pembuahan. Cara membuahkan bidara atau merangsang