Penyakit yang menyerang tanaman pepaya diantaranya adalah busuk batang yang disebabkan oleh jamur. Busuk batang ini banyak terjadi saat cuaca lembab terutama pada musim hujan. Busuk batang ini berawal dari bintik hitam yang melebar dan jika dibiarkan akan menjadi lubang dan akhirnya tanaman akan mati.

Tanaman pepaya yang sudah terlanjur busuk dan parah akan sulit disembuhkan, oleh karena itu lakukanlah tindakan pencegahan manakala terdapat tanda-tanda tanaman terserang penyakit busuk batang ini.

Adapun Cara Mengatasi Penyakit Busuk Batang Pada Tanaman Pepaya adalah dengan melakukan pencegahan atau jika sudah terlanjur terserang jangan menunggu hingga serangan melebar, melainkan segera lakukan tindakan pencegahan ketika terdapat tanda-tanda adanya serangan.

Selain dengan melakukan sanitasi lahan agar kondisi lahan di sekitar tanaman tidak lembab juga dengan melakukan aplikasi fungisida. Fungisida yang digunakan sebaiknya menggunakan fungisida organik, karena fungisida kimia dikhawatirkan nantinya akan menimbulkan residu pestisida yang tinggi dan dapat menjadi perhatian terkait dengan keamanan pangan (food safety), namun jika terpaksa menggunakan fungisida kimia maka waktu aplikasi fungisida jangan terlalu dekat dengan waktu panen pepaya.

Fungisida organik yang digunakan adalah fungisida dengan menggunakan larutan lengkuas. Adapun cara pembuatan, dosis dan cara aplikasinya adalah sebagai berikut:

Siapkan 100 gram lengkuas kemudian parut, tambahkan 1 gelas air, remas-remas kemudian saring untuk memisahkan air dan ampasnya.

Dosis aplikasinya adalah dengan menambahkan larutan lengkuas tersebut ke dalam 2 liter air bersih, aduk merata dan fungisida organik lengkuas siap diaplikasikan.

Adapun cara aplikasinya adalah dengan menyemprotkan larutan tersebut ke seluruh bagian tanaman pepaya, terutama pada bagian pangkal batang pepaya.

Fungisida organik lengkuas ini terbukti ampuh oleh para petani pepaya dalam mencegah jamur penyebab busuk batang dan mengobati serangan busuk batang yang belum terlalu parah.

Demikian ulasan mengenai Cara Mengatasi Penyakit Busuk Batang Pada Tanaman Pepaya, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli fungisida, benih pepaya ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.Com

Referensi: Channel Youtube Petani Aspal