Busuk daun pada tanaman tomat merupakan salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh para petani karena mampu menurunkan produksi tanaman tomat secara drastis. Penyakit busuk daun pada tanaman tomat biasanya disebabkan oleh cendawan patogen. Namun ternyata ada juga busuk daun tanaman tomat yang disebabkan oleh infeksi bakteri Xanthomonas vesicatoria hanya saja kasus ini lebih jarang terjadi.

Penyebab utama busuk daun tanaman tomat dan yang paling sering adalah karena infeksi cendawan Phytophthora Infestans. Gejala awal terlihat adanya bercak basah berwarna hitam pada ujung daun, dan meluas ke seluruh bagian daun sampai tangkai daun. Penyakit ini mudah menyebar, terlebih pada saat musim hujan dengan kelembaban tinggi. Jika tidak segera ditangani penyakit busuk daun dapat mematikan tanaman tomat.

Untuk mengetahui Cara Mengatasi Busuk Daun Tomat, silakan simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Untuk mengatasi busuk daun pada tanaman tomat dapat dilakukan dengan tindakan pengendalian baik itu secara mekanis ataupun secara kimiawi.

PENGENDALIAN MEKANIS

Pengendalian secara mekanis adalah pengendalian hama penyakit secara fisik, yakni perlakuan langsung terhadap tanaman baik menggunakan alat tertentu maupun secara manual, misalnya dengan memangkas dan mengumpulkan daun atau bagian tanaman yang terinfeksi, kemudian dibakar atau dibuang jauh dari areal penanaman, tujuannya agar penyakit tidak menyebar ke tanaman yang sehat.

Selain itu lakukan pula sanitasi kebun, pemangkasan yang tepat secara berkala, penyiangan atau pembersihan gulma di sekitar tanaman untuk mengurangi kelembaban di areal sekitar penanaman. Keberadaan gulma ini juga bisa menjadi tanaman inang bagi hama penyakit.

Lakukan perbaikan drainase kebun.

Lakukan pula pengaturan jarak tanam agar tidak terlalu rapat pada saat penanaman awal agar sinar matahari dapat leluasa masuk di sela-sela tanaman sehingga dapat mengurangi kelembaban.

PENGENDALIAN KIMIAWI

Pengendalian hama penyakit secara kimiawi adalah pengendalian dengan menggunakan zat kimia. Pengendalian hama penyakit ini biasa dilakukan dengan penyemprotan zat kimia pada bagian tanaman. Karena penyakit busuk daun pada tanaman tomat tomat ini disebabkan oleh jamur patogen, maka pengendaliannya dapat dilakukan dengan menyemprotkan fungisida.

Untuk mengatasi busuk daun pada tanaman tomat yang sudah terserang ialah dengan menggunakan fungisida kontak berbahan aktif mancozeb yang disemprotkan 2-4 hari berturut-turut lalu disambung fungisida sistemik berbahan aktif metalaksil untuk pengobatan dari dalam.

Sebagai langkah antisipasi agar tidak terjadi serangan terlalu parah maka sebelum terjadi serangan sebaiknya dilakukan tindakan pencegahan. Langkah pencegahan terbaik untuk busuk daun pada tanaman tomat adalah dengan menggunakan fungisida sistemik berbahan aktif metalaksil setiap 10 hari sekali dan menggunakan fungisida kontak mancozeb setiap 5 hari sekali.

Demikian ulasan mengenai Cara Mengatasi Busuk Daun Tomat, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli fungisida, benih tomat ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com