Pada musim hujan dengan intensitas yang tinggi dapat mengakibatkan tanaman cabe sangat rentan terserang penyakit busuk batang yang disebabkan oleh serangan cendawan Phytophthora capsici.

Penyakit busuk yang disebabkan oleh cendawan Phytophthora capsici ini merupakan salah satu penyakit menakutkan bagi petani cabe, karena serangannya tidak kenal waktu dan usia tanaman baik tanaman kecil hingga tanaman berbuah pun bisa terserang. Tanaman kecil yang terserang bisa busuk dan mati muda. Sedangkan tanaman dewasa akan mengalami layu, busuk dan mati.

Selain itu cendawan Phytophthora juga bisa menyerang seluruh bagian tanaman, mulai dari akar, batang, daun hingga buah cabe.

Busuk phytophthora yang menyerang batang dan cabang dikenal dengan penyakit busuk batang. Sedangkan serangan yang terjadi pada pucuk tanaman dikenal dengan istilah busuk kuncup atau mati pucuk dan pada daun disebut busuk daun. Jika menyerang akar tanaman cabe dikenal dengan istilah busuk akar.

Penyakit busuk ini menyebar melalui spora cendawan yang terbang bersama angin, aliran air hujan ataupun perantara peralatan yang digunakan petani. Spora cendawan bisa bertahan di dalam tanah menembus tanah dan menginfeksi batang dan akar. Serangan penyakit busuk Phytophthora ini bisa menyebabkan gagal panen hingga 100%. Oleh sebab itu jika tidak dilakukan antisipasi sejak dini bisa menyebabkan kerugian besar.

Salah satu pemicu serangan busuk adalah hujan dengan intensitas tinggi. Phytophthora paling senang dengan kondisi basah dan hangat, dengan suhu sekitar 26ÂșC. Keberadaan Tanaman inang di sekitar lokasi juga bisa menimbulkan potensi serangan.

Gejala serangan busuk yang diakibatkan oleh cendawan Phytophthora adalah tampak bercak coklat pada batang, awalnya kecil kemudian membesar, pada bercak tersebut lama-kelamaan akan muncul bulu-bulu halus hitam putih. Bercak tersebut akan menyebar ke akar hingga pucuk tanaman yang menyebabkan tanaman layu, karena akar busuk dan mematikan titik tumbuh tanaman.

Pada daun tampak layu, membusuk kemudian rontok, menyebar dari daun bawah dan menjalar hingga atas melalui batang yang membusuk. Sedangkan pada buah cabe yang terserang terlihat spot coklat busuk dan menyebabkan bunga dan buah rontok.

Untuk mengetahui Cara Mengatasi Busuk Batang Cabe, silakan simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Pengendalian penyakit busuk batang pada tanaman cabe dapat dilakukan secara mekanis dan kimiawi.

PENGENDALIAN MEKANIS

Pengendalian secara mekanis adalah pengendalian hama penyakit secara fisik, yakni perlakuan langsung terhadap tanaman baik menggunakan alat tertentu maupun secara manual, misalnya dengan memangkas dan mengumpulkan daun atau bagian tanaman yang terinfeksi termasuk akar, kemudian dibakar atau dibuang jauh dari areal penanaman, tujuannya agar penyakit tidak menyebar ke tanaman yang sehat. Karena spora phytophthora bisa bertahan di dalam tanah dan mudah menyebar melalui angin dan air, maupun peralatan yang digunakan.

Selain itu lakukan pula sanitasi kebun, penyiangan atau pembersihan gulma di sekitar tanaman untuk mengurangi kelembaban di areal sekitar penanaman. Keberadaan gulma ini juga bisa menjadi tanaman inang bagi hama penyakit.

Lakukan perbaikan drainase kebun.

Lakukan pergiliran tanaman untuk memutus siklus penyakit yang masih tertahan di dalam tanah.

PENGENDALIAN KIMIAWI

Pengendalian hama penyakit secara kimiawi adalah pengendalian dengan menggunakan zat kimia. Pengendalian hama penyakit ini biasa dilakukan dengan penyemprotan zat kimia pada bagian tanaman. Karena penyakit busuk batang cabe ini disebabkan oleh jamur atau cendawan, maka pengendaliannya dapat dilakukan dengan menyemprotkan fungisida.

Fungisida yang digunakan adalah fungisida sistemik dengan bahan aktif dimetomorf atau simoksanil dan fungisida kontak dengan bahan aktif Mancozeb, Propineb, Klorotalonil atau Maneb yang diaplikasikan secara bergantian.

Adapun untuk dosisnya sesuaikan saja dengan yang tertera pada label kemasan.

Cara aplikasinya adalah dengan menyemprotkannya pada seluruh bagian tanaman baik itu tanaman yang sudah terinfeksi ataupun tanaman sehat.

Demikian ulasan mengenai cara mengatasi busuk batang cabe, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli fungisida, benih cabe ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com.