Selain dapat ditanam pada lahan luas persawahan, tanaman buah semangka juga dapat ditanam di polybag. Menanam buah semangka dalam media polybag sangat mudah dilakukan. Penanaman semangka dalam polybag ini akan lebih memudahkan dalam melakukan perawatan, pengawasan, dan pengontrolan. Keuntungan lainnya adalah tanaman tidak terlalu makan tempat sehingga dapat ditanam pada lahan sempit, dapat pula di letakkan di halaman belakang rumah, teras depan dan pekarangan sekitar.

Jika anda tertarik untuk membudidayakannya, alangkah baiknya untuk menyimak penjelasan lengkap mengenai cara menanam semangka dalam polybag berikut ini.

PERSIAPAN BENIH

Pilihlah benih yang berkualitas unggul, karena benih unggul selain memiliki daya kecambah yang tinggi juga memiliki ketahanan yang baik terhadap serangan hama penyakit, sehingga penggunaan bibit unggul ini dapat menunjang keberhasilan budidayanya.

Benih semangka berkualitas unggul sekarang cukup mudah didapatkan di toko-toko pertanian di sekitar anda baik itu offline maupun online seperti SentraTani.com.

PERSIAPAN MEDIA TANAM DAN POLYBAG

Media tanam yang digunakan untuk menanam semangka dalam polybag adalah tanah, pupuk kandang yang telah matang/kompos dan arang sekam dengan perbandingan 2:1:1, tambahkan dolomit secukupnya aduk semua bahan hingga merata.

Masukkan media ke polybag dengan ukuran 30×30 hingga hampir penuh. Tambahkan pupuk dasar pada media tanam dalam polybag, pupuk dasar yang digunakan adalah pupuk TSP dengan dosis 5gr (setengah sendok makan) dan NPK dengan dosis 5gr (setengah sendok makan) untuk setiap polybag. Caranya yaitu dengan membuat lubang pada media di polybag, masukkan pupuk pada lubang tersebut kemudian aduk hingga merata cukup pada media bagian atas saja. Selanjutnya siram media hingga basah.

Setelah itu diamkan media tanam dalam polybag selama 2 minggu di tempat terbuka, untuk menetralisasi racun dan zat berbahaya yang terkandung dalam tanah agar menguap ke udara. Media yang sudah siap ditanami ditandai dengan tumbuhnya rumput-rumput kecil pada media.

TAHAP PENANAMAN

Benih semangka dapat ditanam langsung pada polybag tanpa melalui proses persemaian terlebih dahulu. Akan tetapi sebelum ditanam, benih semangka direndam terlebih dahulu pada air hangat kuku selama kurang lebih 1 jam. Tujuan perendaman ini adalah untuk memecah dormansi benih agar proses perkecambahan lebih cepat. Setelah 1 jam tiriskan benih dan benih siap ditanam.

Sebelum proses penanaman, siram terlebih dahulu media tanam pada polybag. Buat lubang tanam pada media sedalam 1 cm, usahakan posisi lubang berada di tengah polybag. Tanam benih satu benih pada setiap lubang tanam dengan posisi bagian lancip berada di bawah, usahakan benih masih terlihat sedikit ujung atasnya.

Tutup benih menggunakan gelas plastik transparan bekas air mineral, dengan sedikit menekannya agar tidak mudah roboh. Tujuannya adalah agar kondisi benih dalam keadaan lembab, selain itu penutupan ini juga berfungsi menjaga benih dari serangan hama.

Setelah 1 minggu pasca penanaman, benih semangka biasanya sudah tumbuh dan gelas tutup benih sudah dapat dibuka agar bibit memperoleh cahaya matahari.

Pada usia ini pula atur peletakan polybag dengan posisi berjajar dengan jarak antar polybag 40-60 cm, sedangkan jarak antar baris adalah sekitar 100 cm.  

Demikian ulasan mengenai cara menanam semangka dalam polybag, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli benih semangka ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com.

Sumber : Channel Youtube INFO RAGAM PERTANIAN