Cara Menanam Duku dari Biji

Dalam budidaya tanaman apa saja, ketersediaan bibit merupakan hal wajib yang harus dipenuhi, begitu juga dengan duku.

Bibit tanaman duku salah satunya dapat diperoleh dengan cara menanam bijinya. Adapun biji duku untuk ditanam ini dapat diperoleh dengan mudah yaitu dari biji buah yang kita konsumsi baik itu dari hasil panen sendiri atau buah yang dibeli di pasar.

Menanam duku dari biji ini tergolong mudah, namun meskipun demikian harus dilakukan dengan benar agar nantinya dapat menghasilkan bibit tanaman duku yang pertumbuhannya baik dan subur.

Nah, pada kesempatan kali ini akan kami ulas mengenai Cara Menanam Duku dari Biji, berikut ini penjelasannya.

PERSIAPAN BIJI

Biji duku yang akan ditanam dapat diambil dari buahnya. Pilihlah buah duku kualitas unggul yang sudah benar-benar tua dan matang agar dapat tumbuh dengan baik.

Keluarkan biji dari buahnya, pisahkan biji dari daging buah, pilihlah biji yang bentuknya sempurna dan tidak cacat. Cuci biji hingga bersih dari lendir sisa daging buah agar tidak menimbulkan tumbuhnya jamur, dan mengundang datangnya hama seperti semut dan lain sebagainya. Setelah benar-benar bersih kemudian kering anginkan.

Tahapan selanjutnya adalah proses pengecambahan biji duku. Caranya yaitu menyimpan biji-biji duku dengan memberikan alas menggunakan tisu yang dibasahi dan memasukkannya ke dalam wadah semacam toples kemudian tutup rapat dan letakkan di tempat teduh. Dengan proses pengecambahan ini, biji duku akan berkecambah yaitu mengeluarkan akar dan batang setelah 3-4 minggu. Dan setelah berkecambah, saatnya menanam biji duku tersebut pada polybag.

PENANAMAN

Setelah biji berkecambah itu artinya sudah siap untuk ditanam dalam polybag agar dapat tumbuh dengan optimal. Penanaman ini diawali dengan menyiapkan media tanamnya yaitu tanah gembur dan subur tanpa campuran.

Masukkan media tanam tersebut ke dalam polybag atau bisa juga menggunakan wadah sejenis lainnya.

Buat lubang tanam pada media dalam polybag, tanam kecambah dari biji duku tersebut dengan hati-hati agar kecambah tidak rusak apalagi sampai patah. Kemudian ikuti dengan penyiraman secukupnya. Letakkan di tempat teduh namun dengan penyinaran matahari paling tidak 50%.

Lakukan penyiraman rutin 2 hari sekali untuk mencukupi kebutuhan airnya. Adapun pemupukan dapat dilakukan jika usia bibit sudah mencapai 1,5 bulan menggunakan pupuk NPK yang dilarutkan ke dalam air. Dosisnya yaitu 1 sendok teh untuk dilarutkan kedalam 5 liter air. Sedangkan dosis aplikasinya yaitu 1 gelas larutan pupuk untuk setiap bibit tanaman dalam polybag.  

Setelah bibit duku yang ditanam dari biji ini berumur 10-12 bulan, bibit duku tersebut  dapat digunakan sebagai batang bawah dalam melakukan sambung pucuk, sambung sisip ataupun okulasi, dengan menggunakan entres dari duku unggulan agar nantinya bibit duku tersebut lebih cepat berbuah dengan kualitas unggul pula.

Demikian ulasan mengenai cara menanam duku dari biji, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit tanaman duku ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Irwansyah

Bacaan Terkait