Tanaman semangka selain dapat ditanam pada lahan persawahan yang luas ternyata juga dapat ditanam di pekarangan rumah. Hal ini bukan tak mungkin asalkan dilakukan dengan benar dan sungguh-sungguh.

Adapun Cara Menanam Buah Semangka di Pekarangan Rumah selengkapnya adalah sebagai berikut.

PERSIAPAN BENIH

Pilihlah benih yang berkualitas unggul, karena benih unggul selain memiliki daya kecambah yang tinggi juga memiliki ketahanan yang baik terhadap serangan hama penyakit, sehingga penggunaan bibit unggul ini dapat menunjang keberhasilan budidayanya.

Benih semangka berkualitas unggul sekarang cukup mudah didapatkan di toko-toko pertanian di sekitar anda baik itu offline maupun online seperti SentraTani.com.

PERSEMAIAN BENIH

Sebelum ditanam, benih semangka disemai terlebih dahulu, tahap penyemaian benih semangka diawali dengan menyiapkan media semai.

Media semai yang digunakan untuk menyemai benih semangka adalah tanah humus dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1, aduk hingga tercampur merata.

Masukkan media semai ke wadah persemaian bisa menggunakan baki, polybag ataupun pot. Siram media semai menggunakan larutan garam inggris/garam epsom, cara membuatnya adalah dengan melarutkan 1/4 sendok makan garam inggris ke dalam 2 liter air. Garam inggris ini mengandung magnesium sulfat tinggi yang sangat dibutuhkan oleh tanaman, yaitu berfungsi untuk membantu proses pertumbuhan tanaman, membantu adaptasi pindah tanaman, menjaga tanaman dari hama, menyuburkan tanaman dan mempercepat pembuahan.

Setelah media disiram menggunakan larutan garam inggris, benih semangka siap disemai.

Taburkan atau susun berbaris benih semangka, berikan jarak dan jangan terlalu rapat, kemudian tutup kembali menggunakan media semai yang sama secara tipis saja dan diikuti dengan penyiraman kembali. Tutup persemaian menggunakan plastik gelap yang telah diberi beberapa lubang kecil di permukaannya.. Letakkan persemaian di tempat yang teduh.

Setelah 3-5 hari sejak penyemaian biasanya benih semangka sudah berkecambah dan perkenalkan bibit dengan sinar matahari, akan tetapi jangan langsung diletakkan di tempat terbuka yang terkena sinar matahari penuh, akan tetapi perkenalkan bertahap sedikit-demi sedikit pada tempat teduh.

Lakukan penyiraman bibit secara rutin setiap pagi dan sore agar pertumbuhannya dapat optimal.

Setelah bibit semangka berumur 10 hari sejak penyemaian, bibit semangka sudah siap ditanam pada lahan di pekarangan rumah.

TAHAP PENANAMAN

Sebelum penanaman dilakukan terlebih dahulu dilakukan pengolahan lahan. Gemburkan lahan dengan cara dicangkul, buat bedengan dengan ukuran lebar 100 cm, tinggi 30 cm dan panjang disesuaikan dengan kondisi pekarangan.

Taburkan pupuk dasar berupa pupuk kandang pada bedengan, aduk hingga merata kemudian rapikan kembali permukaan bedengan.

Buat lubang tanam dengan jarak 50-70 cm antar lubang tanam.

Tanam bibit pada lubang tanam dengan cara mencabutnya dari persemaian dengan hati-hati agar tidak merusak perakaran. Untuk itu sebelum dicabut terlebih dahulu siram persemaian bibit tersebut. Dan untuk menjaga agar akar tidak rusak pindahkan bibit beserta media di sekitar perakaran, hal ini juga bertujuan agar tanaman tidak stres setelah dipindah tanam pada bedengan.

Demikian ulasan mengenai cara menanam buah semangka di pekarangan rumah, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli benih semangka ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com.

Sumber : Channel Youtube tanaman rumah