Cara Menanam Apel Putsa dalam Pot

Apel putsa, apel India atau bidara India ini memiliki tekstur buah yang renyah dan manis, berwarna hijau dan tidak terlalu besar. Pohon apel putsa merupakan tanaman yang rajin berbuah dan gampang perawatannya.

Budidaya apel putsa ini cukup mudah dilakukan, bahkan selain dapat ditanam langsung pada lahan dapat pula ditanam dalam pot sebagai tabulampot atau tanaman buah dalam pot. Dan pada kesempatan kali ini khusus akan kami ulas mengenai Cara Menanam Apel Putsa Dalam Pot, berikut ini penjelasan selengkapnya.

PERSIAPAN BIBIT

Bibit apel putsa saat ini cukup mudah untuk didapatkan di toko-toko pertanian di sekitar Anda. Di toko-toko pertanian biasanya bibit tanaman apel putsa ini tersedia dalam bentuk bibit dalam polybag siap tanam.

PERSIAPAN POT

Hal penting yang harus diperhatikan dalam pemilihan pot adalah pastikan bahwa pot tersebut memiliki lubang di dasar pot yang berfungsi mengalirkan sisa air setelah penyiraman agar akar tidak terendam.

Pot yang baik harus memiliki kaki atau alas yang memisahkan dasar pot dengan tanah. Hal ini penting untuk aliran drainase dan memudahkan pengawasan agar akar tanaman tidak menembus tanah, jika pot yang anda miliki tidak memiliki kaki, gunakan batu bata atau yang sejenisnya untuk mengganti kaki pot.

Dalam budidaya tabulampot apel putsa ini, pot yang digunakan minimal berukuran 50 cm atau lebih.

PERSIAPAN MEDIA TANAM

Media tanam yang digunakan adalah campuran tanah gembur yang subur, pupuk kandang/kompos dan sekam padi dengan perbandingan 1:1:1,  campurkan bahan-bahan tersebut dengan mengaduknya hingga merata. Jika ada tambahkan fungisida atau insektisida biologi secukupnya agar media tanam bebas jamur dan hama yang merugikan dan berbahaya bagi tanaman.

TAHAP PENANAMAN BIBIT

Sebelum memasukkan media tanam pada pot, letakkan pecahan genteng atau batu bata pada dasar pot, satu lapis saja. Kemudian isi pot dengan media tanam yang sudah disiapkan hingga setengah tinggi pot.

Masukkan bibit ke dalam pot, buka polybag bibit tanaman, lakukan dengan hati-hati dan usahakan media tanam dalam polybag tidak pecah, jika bibit dari hasil cangkok, buka plastik penutup cangkokan, letakkan tepat di tengah-tengah pot, atur peletakan agar tanaman tegak lurus/tidak miring, timbun dengan media tanam yang sama hingga pangkal batang.

Padatkan perlahan media tanam di sekitar pangkal batang, pastikan tanaman sudah kuat tertopang, kemudian siram dengan air hingga jenuh untuk mempertahankan kelembaban.

TAHAP PERAWATAN

Perawatan tanaman apel putsa meliputi penyiraman, pemupukan, pemangkasan dan seleksi buah.

Penyiraman dilakukan setiap 2 hari sekali atau 3 kali dalam seminggu, atau sesuaikan saja dengan kondisi cuaca, jika hujan selalu turun penyiraman tidak perlu dilakukan, sebaliknya jika cuaca sangat kemarau, penyiraman dilakukan lebih sering.

Untuk pemupukan, sampai tanaman berusia 1 tahun, berikan pupuk NPK seimbang dengan dosis 1 sendok makan setiap satu bulan, namun dosis ini dapat ditingkatkan sampai 3-4 kali ketika tanaman menjadi semakin besar. Sedangkan untuk membungakan, berikan pupuk NPK 20-40-20 dengan dosis 1 sendok teh per pot. Pemupukan dapat dilakukan 1 minggu sebelum pemangkasan untuk pembungaan. Ketika bunga sudah muncul, kita bisa memberikan NPK 13-13-21 sebanyak 1 sendok teh per pot yang ditaburkan di atas media tanam sebulan sekali.

Kemudian untuk menyuburkan tanah berikan juga pupuk kandang dengan dosis 5-10 kg per pohon dan diberikan setiap 6 bulan sekali.

Pemangkasan dilakukan untuk merangsang tunas dan bunga yang baru serta untuk menjaga agar bunga tumbuh sempurna. Sebelum dilakukan pemangkasan, selalu terapkan stres air pada tanaman yaitu biarkan tanaman tidak disiram selama beberapa hari, maksimal 7 hari. Setelah itu lakukan pemangkasan dan penyiraman kembali. Tujuannya adalah agar bunga cepat tumbuh dan tampil serentak.

Seleksi buah juga perlu dilakukan agar buah yang dipelihara dapat tumbuh optimal dan bagus. Caranya sisakan 2 buah apel pada setiap ranting tanaman. Pangkas buah yang bentuknya kurang bagus, mengkerut, kehitaman ataupun kering.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Apel Putsa Dalam Pot, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit tanaman buah ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Kebun Indra Tarigan

Bacaan Terkait

Cara Stek SirsakCara Stek Sirsak

Pembibitan atau perbanyakan tanaman sirsak selain dapat dilakukan secara generatif (dari bijinya), dapat pula dilakukan secara vegetatif (stek, cangkok, grafting dan sebagainya). Pembibitan/perbanyakan tanaman sirsak secara vegetatif salah satunya adalah