Harapan para petani dalam budidaya tanaman padi tentunya adalah tanaman yang tumbuh subur dan produksi bulir padi yang optimal. Diantara usaha yang dapat dilakukan untuk merealisasikan harapan para petani tersebut adalah dengan memperbanyak anakan yang produktif dari tanaman padi yang ditanam.

Karena jika tanaman padi yang ditanam banyak menumbuhkan anakan yang produktif, maka akan menghasilkan malai dan bulir yang lebih banyak pula. Maka dari itu untuk memperbanyak anakan tanaman padi ada beberapa hal yang perlu dilakukan, di  antaranya adalah sebagai berikut :

  1.   Teknik Penanaman Bibit Padi

Dalam penanaman bibit padi usahakan ketika usia bibit padi masih muda yaitu antara usia 10-15 hari setelah semai, karena bibit padi yang masih muda dapat mengurangi proses stagnasi atau berhenti tumbuh sementara sehingga sangat berpotensi untuk lebih banyak dalam memproduksi anakan pada tanaman padi tersebut.

Kedalaman penanaman bibit padi juga harus diperhatikan yaitu cukup 1-2 cm saja jangan terlalu dalam, karena penanaman bibit padi yang terlalu dalam akan membuat usaha tanaman dalam memproduksi anakan menjadi terhambat.

  1.   Pengairan Secara Intermitten

Cara yang ke dua untuk memperbanyak anakan tanaman padi adalah dengan melakukan pengairan secara intermitten atau pengairan berselang atau pengairan secara periodik yaitu lahan di airi lalu dibiarkan sampai lahan agak mengering kemudian baru diairi kembali, karena tanaman padi pada fase vegetatif jika terlalu banyak tergenang air maka akan mempersulit tanaman padi dalam memproduksi anakan.

Dan yang perlu diingat bahwa tanaman padi bukan merupakan tanaman air, akan tetapi tanaman yang paling sangat membutuhkan air.

  1.   Jarak Tanam

Cara yang ke tiga agar tanaman padi memiliki banyak anakan adalah dengan mengatur jarak tanam. Pengaturan jarak tanam ini akan sangat menjadi penting karena akan mempengaruhi penangkapan cahaya matahari untuk proses fotosintesis, efektivitas penyerapan unsur hara oleh akar, kebutuhan air, sirkulasi udara, iklim mikro serta populasi gulma dan OPT pada tanaman padi.

Jarak tanam yang sangat direkomendasikan yaitu 20 x 20 cm atau 30 x 30 cm antar satu tanaman padi dengan tanaman lainnya, atau bisa menggunakan sistem penanaman jajar legowo. Untuk mengetahui sistem penanaman padi jajar legowo silakan simak ulasannya pada artikel kami sebelumnya yaitu Sistem Tanam Padi Jajar Legowo.

Demikian ulasan lengkap mengenai Cara Memperbanyak Anakan Padi, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli benih padi ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi : Channel Youtube ANAK CANGKUL