Cara Membuat Pupuk Nitrogen Alami

Untuk mencukupi kebutuhan unsur nitrogen pada tanaman, para petani biasanya menggunakan pupuk Urea, namun belakangan ini pupuk Urea ini mendadak langka dan sulit diperoleh.

Nah untuk mengatasi kelangkaan dan kesulitan mendapat pupuk Urea ini, maka salah satu solusinya adalah dengan membuat sendiri pupuk alami dengan kandungan nitrogen sebagai pengganti Urea tersebut.

Dengan membuat pupuk nitrogen sendiri berarti kita telah selangkah lebih maju agar tidak bergantung pada pupuk pabrikan, sehingga selain ketrampilan kita bertambah, kita juga dapat menghemat biaya produksi sekaligus menjaga kesuburan tanah.

Untuk membuat pupuk nitrogen alami ini, diperlukan bahan alami berupa tanaman yang kaya nitrogen untuk membuatnya, bahan alami tersebut diantaranya adalah:

  1. Kirinyuh/marenggo, ini merupakan tumbuhan gulma berdaun lebar, tanaman kirinyuh ini dapat tumbuh dengan sangat cepat dan membentuk komunitas yang rapat. Dari hasil penelitian, tumbuhan ini mengandung 4,1% nitrogen dari berat keringnya.
  2. Daun Gamal, tanaman gamal merupakan tanaman perdu atau pohon kecil yang banyak mengandung protein, karena perakaran gamal mampu menambat nitrogen. Menurut hasil penelitian, daun gamal ini mengandung 3,15% nitrogen dari berat keringnya.
  3. Daun Lamtoro, daun ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dengan kandungan nitrogen antara 2-4,3% dari berat keringnya.
  4. Azolla, kandungan nitrogen dalam azolla ini sangatlah tinggi, bahkan bisa mencapai 4-5 %, sehingga memang tanaman ini sudah banyak digunakan sebagai penyubur tanaman.

Itulah tanaman-tanaman yang mengandung unsur nitrogen yang cukup tinggi yang dapat digunakan untuk menggantikan unsur nitrogen dari Urea. Selain nitrogen, pada tanaman-tanaman tersebut diatas juga mengandung unsur hara lain yang juga bermanfaat bagi tanaman meskipun jumlahnya lebih sedikit.

Unsur nitrogen dari tanaman-tanaman tersebut diatas belum bisa langsung terserap oleh tanaman, maka dari itu harus melalui proses penguraian terlebih dahulu.

Nah untuk mengetahui bagaimana Cara Membuat Pupuk Nitrogen Alami dari bahan-bahan yang tersebut diatas, berikut ini kami ulas penjelasan selengkapnya.

BAHAN DAN ALAT

  • 1 kg dari salah satu tanaman tersebut diatas yaitu kirinyuh, daun gamal, daun lamtoro atau azolla
  • 200 gram gula aren
  • 2 liter air cucian beras
  • Blender
  • Ember atau toples sedang/besar

CARA MEMBUAT

Haluskan 1 kg bahan utamanya yaitu berupa tanaman yang telah disebutkan di atas dengan cara diblender. Haluskan pula gula aren dengan mencacahnya hingga halus agar mudah larut. Setelah halus tuangkan ke dalam wadah seperti toples, ember atau wadah sejenisnya. Tambahkan pula air cucian beras sesuai dosis yang tertera di atas, jangan sampai penuh dan sisakan ruang udara,  aduk semua bahan hingga merata, kemudian tutup wadah dengan rapat untuk menjalani proses fermentasi selama 2-3 minggu.

DOSIS DAN CARA APLIKASI

Sebelum digunakan, saring terlebih dahulu larutan pupuk tersebut untuk memisahkan larutan pupuk dengan ampasnya.

Dan sebelum diaplikasikan, terlebih dahulu larutan pupuk tersebut dilarutkan ke dalam air dengan konsentrasi 1-4 liter per 15 liter air. Sedangkan ampasnya dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik padat atau sebagai pakan ternak.

Demikian ulasan mengenai Cara Membuat Pupuk Nitrogen Alami, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli pupuk organik ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi: Channel Youtube Dian Pertanian

Bacaan Terkait

Cara Menyemai Benih KiwiCara Menyemai Benih Kiwi

Penyemaian benih kiwi atau pembibitan merupakan proses terpenting yang dilakukan sebelum proses penanaman. Dalam proses pembibitan, harus dilakukan dengan benar, tepat dan hati-hati. Sebelum melakukan proses pembibitan buah kiwi, anda