Cara Membuat POC Daun Gamal

Salah satu masalah petani dalam kegiatan bercocok tanam adalah kelangkaan pupuk di pasaran, dan untuk saat ini salah satu jenis pupuk yang sering susah diperoleh adalah pupuk Urea, dimana pupuk ini berperan penting bagi tanaman dalam fase vegetatif.

Solusi untuk mengatasi kelangkaan pupuk Urea tersebut adalah dengan menggunakan bahan-bahan yang tersedia di alam untuk diolah menjadi pupuk organik yang dapat menggantikan peran pupuk yang susah diperoleh tersebut.

Adapun bahan yang dapat diolah sebagai pengganti pupuk Urea adalah daun gamal (Gliricidia Sepium). Gamal merupakan tumbuhan yang termasuk dalam golongan polong-polongan atau leguminosa yang sangat baik untuk dijadikan sebagai pakan bagi ternak ruminansia.

Daun gamal ini dapat digunakan sebagai bahan alternatif yang sangat baik sebagai pengganti pupuk Urea karena mengandung unsur hara nitrogen yang sangat tinggi. Selain itu daun gamal juga memiliki kandungan unsur hara makro primer dan sekunder yang lengkap dan hanya satu yang tidak terkandung di dalamnya yaitu sulfur atau belerang. Sedangkan nitrogen, phospor, kalium, kalsium dan kalium semuanya terkandung di dalamnya, dan konsentrasi yang paling tinggi adalah unsur hara nitrogen. Sehingga POC dari daun gamal ini dapat digunakan sebagai alternatif pengganti pupuk Urea.

Nah, bagaimana cara membuat POC daun gamal yang kaya akan unsur hara nitrogen? Berikut ini penjelasannya.

BAHAN DAN ALAT

  • 1 kg daun gamal, daunnya saja tanpa tangkai daun dan rantingnya
  • 2 ons gula merah, gula pasir atau molase
  • 3 liter air cucian beras
  • Ember atau wadah sejenis lainnya yang memiliki tutup atau dapat ditutup rapat.
  • Blender atau alat penumbuk

TAHAP PEMBUATAN

Haluskan daun gamal dengan cara diblender atau ditumbuk. Tambahkan gula merah yang telah dihaluskan, tambahkan pula air cucian beras sesuai takaran yang telah disebutkan diatas kemudian aduk hingga tercampur merata.

Proses selanjutnya adalah fermentasi, caranya masukkan campuran bahan-bahan yang telah dibuat ke dalam wadah yang memiliki tutup, jangan sampai penuh sisakan ruang kosong, kemudian tutup rapat.

Proses fermentasi ini tidak menggunakan fermentor atau bioaktivator seperti EM4 ataupun MOL, karena daun gamal itu sendiri merupakan sumber mikroorganisme, sehingga proses fermentasi ini sekaligus untuk menghasilkan MOL (mikroorganisme lokal) dari daun gamal tersebut.

Proses fermentasi ini berjalan selama 3 minggu, dan selama proses fermentasi bukalah tutupnya setiap pagi hari, sebentar saja untuk mengeluarkan gas yang timbul dari proses fermentasi tersebut.

Setelah 3 minggu proses fermentasi, POC daun gamal sudah siap untuk digunakan dengan cara menyaringnya terlebih dahulu untuk memisahkan pupuk cair dan ampasnya. Dan sebelum digunakan tambahkan POC dengan air bersih untuk mencairkannya.

Demikian ulasan mengenai Cara Membuat POC Daun Gamal, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli pupuk organik cair, ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube ALAM ORGANIK

Bacaan Terkait