Cara Membuat POC dari Kulit Nanas

Kulit nanas adalah salah satu dari jenis sampah atau limbah rumah tangga yang sebaiknya jangan dibuang karena dapat dimanfaatkan dengan mengolahnya menjadi pupuk organik cair (POC) untuk menyuburkan tanaman.

Kulit nanas ini memiliki peran yang sangat penting dalam dunia pertanian organik karena memiliki 4 macam manfaat, yaitu:

  1. Memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan tanaman seperti protein, karbohidrat, gula dan vitamin B3.
  2. Memiliki kandungan unsur hara terutama unsur nitrogen yang tinggi, dan unsur hara lainnya seperti kalsium, magnesium, silika, fosfor dalam jumlah yang kecil.
  3. Memiliki kandungan hormon pertumbuhan yaitu auksin, sitokinin dan giberelin.
  4. Sebagai sumber berbagai macam mikroorganisme yang dibutuhkan oleh tanaman.

Untuk mengetahui Cara Membuat POC dari Kulit Nanas secara lengkap, silakan simak penjelasannya berikut ini.

BAHAN DAN ALAT

  • 0,5 kg kulit nanas
  • 1 liter air cucian beras atau air leri
  • 50 ml MOL Tape (mikroorganisme lokal) atau EM4 Pertanian
  • 50 ml molase, atau bisa juga menggunakan gula merah atau gula pasir sebagai sumber energi/makanan bagi mikroorganisme.
  • Blender
  • Botol ukuran 2 liter

TAHAP PEMBUATAN

Tahap pertama potong halus atau cacah kulit nanas, kemudian diblender hingga halus dengan menambahkan air cucian beras untuk memudahkan pemblenderan, setelah halus kemudian dimasukkan ke dalam botol.

Tambahkan MOL sebanyak 50 ml sebagai pengurai, atau bisa juga menggunakan EM4. Tambahkan pula 50 ml molase, atau bisa juga menggunakan gula, sebagai sumber energi/makanan bagi mikroorganisme, tutup botol kemudian kocok hingga semua bahan tercampur merata.

Diamkan selama 7-10 hari untuk proses fermentasi, akan tetapi selama proses fermentasi penutup harus dibuka sebentar saja setiap pagi untuk mengeluarkan gas yang muncul dari proses fermentasi kemudian tutup kembali.

Setelah 10 hari penutup sudah dapat dibuka dan POC dari kulit nanas sudah jadi dan siap untuk digunakan.

CARA APLIKASI KE TANAMAN

Sebelum diaplikasikan, larutkan terlebih dahulu POC tersebut dengan air, perbandingan antara POC dan air adalah 1:10. Cara aplikasinya yaitu dengan mengocorkannya di sekitar pangkal batang serta perakaran tanaman dengan interval pemberian 1-2 kali dalam 1 minggu.

Secara garis besar POC dari kulit nanas ini sangat bermanfaat untuk tanaman karena mengandung protein dan karbohidrat serta gula yang cukup besar juga vitamin B3 yang bagus untuk meningkatkan daya tahan tanaman. Selain itu POC kulit nanas ini juga mengandung nitrogen dalam kadar yang tinggi sehingga sangat bagus untuk tanaman dalam fase pertumbuhan vegetatif. 

Demikian ulasan mengenai Cara Membuat POC dari Kulit Nanas, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli pupuk organik, ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube ALAM ORGANIK

Bacaan Terkait