Sebelum kita bahas mengenai cara membuat bokashi yang bagus kami akan sedikit memberikan pengertian mengenai bokashi itu sendiri, tentunya ini versi Kampustani hasil dari pembelajaran beberapa penutur tertulis maupun penutur verbal.

Bokashi merupakan pupuk organik yang dapat dibuat secara cepat dan efektif, proses pembuatan bokashi merupakan proses perubahan dari bahan pupuk menjadi pupuk, perubahan ini berlangsung secara bertahap, membutuhkan waktu beberapa hari. Proses perubahan bahan pupuk menjadi pupuk ini dengan bantuan bakteri/mikroba.

cara membuat bokashi dengan cepat

Bahan Untuk Membuat Bokashi

Dalam tutorial ini kita akan membuat 1 ton bokashi, jika akan membuat sedikit nanti silakan disesuaikan prosentase bahan-bahannya.

  1. Veses / kotoran ternak – 800 kg· Veses apa yang bagus? Urutan veses yang bagus; unggas -> kambing -> sapi (juga boleh dicampur)
  2. Bekatul 50 kg
  3. Arang Sekam 150 kg
  4. Cara membuat arang sekam Lihat video ini: https://www.youtube.com/watch?v=NNHc1uSFx5A&t=15s
  5. Dolomit / kapur pertanian – 50 kg
  6. Gula pasir – 250 gram
  7. Bakteri/Mikroba SOT HCS – 4 botol (2 liter) – (kalau menggunakan mikroba lain maka cara dan waktu pembuatannya akan berbeda)
  8. Air atau urin

Proses Pembuatan Bokashi

  1. Siapkan air/urin di dalam sprayer
  2. Air/urin + Gula + SOT taruh di wadah gayung atau ember, aduk rata,  tunggu 10 menit, kemudian campurkan ke sprayer / masukkan ke air sprayer dan dicampur rata
  3. Veses, arang sekam dan dolomit dicampur rata
  4. Bekatul taburkan di permukaan
  5. Semprotkan Sprayer ke atas bahan yang sudah ditaburi bekatul – aduk rata
  6. Taburi bekatul kembali di permukaan bahan – semprot lagi dengan sprayer – aduk rata
  7. Ulangi proses pemberian bekatul dan semprot sprayer sampai bahan terasa remah/mamel, tidak terlalu basah, juga tidak terlalu kering (rendemen 30-40%)
  8. Tutup rapat – setelah 3 x 24 jam dapat dipakai, juga bisa disimpan untuk dipakai di lain waktu. Jika mikrobanya jenis lain biasanya minimal 7 hari baru jadi, silakan dikomunikasikan dengan produsen mikroba.

Demikian cara membuat bokashi dengan cepat, jika anda masih bingung memahami materi tersebut silakan mengikuti pelatihan secara langsung dan dibimbing secara berkelanjutan dengan bergabung di Komunitas HCS.

Terimakasih, semoga bermanfaat.

 

Artikel Terkait

Manfaat Tetes Tebu dalam Pembuatan Pupuk Organik Di bidang pertanian, belum banyak orang yang mengetahui manfaat tetes tebu. Padahal, keberadaannya sangat bermanfaat guna meningkatkan kualitas hasil ...
Manfaat Pupuk Dolomit Untuk Pertanian Pupuk dolomit merupakan salah satu jenis pupuk yang cukup ramah lingkungan namun memiliki kualitas tinggi. Dolomit merupakan mineral yang di dalamnya ...
Manfaat Molase Dalam kehidupan sehari-hari, banyak orang yang belum mengetahui mengenai manfaat molase. Meskipun secara tidak langsung, barangkali mereka sudah mengg...
Cara Budidaya Semangka Semangka merupakan salah satu jenis buah yang banyak disukai oleh masyarakat di kawasan tropis. Hal ini karena semangka memiliki karakter sebagai buah...