Cara Budidaya Alpukat Kendil

Alpukat kendil adalah salah satu dari sekian banyak jenis alpukat unggulan yang mana alpukat kendil ini terkenal dengan ukuran buahnya yang besar dengan bobot rata-ratanya mencapai 600 gram/buah.

Buah alpukat jenis kendil ini banyak diminati karena selain ukuran buahnya yang besar besar, daging buahnya juga tebal, tekstur buah yang lembut dan mempunyai rasa yang gurih dan nikmat.

Alpukat kendil ini selain cocok ditanam dengan skala perkebunan, juga sangat cocok untuk ditanam di pekarangan rumah sehingga memudahkan perawatannya.

Untuk mengetahui bagaimana cara budidaya alpukat kendil, berikut ini kami ulas penjelasannya.

PERSIAPAN BIBIT

Untuk membudidayakan alpukat, terdapat dua jenis bibit, yaitu bibit hasil perbanyakan generatif (dari biji) dan bibit hasil perbanyakan vegetatif (cangkok, okulasi dan penyambungan).

Akan tetapi sebaiknya gunakanlah bibit hasil perbanyakan vegetatif. Kelebihan bibit hasil vegetatif yaitu sifat tanamannya bisa dipastikan, karena sama dengan sifat induknya serta lebih cepat berbuah, berbeda dengan bibit dari menanam biji (generatif) tanpa penyambungan yang mana nantinya tanaman alpukat akan tumbuh tinggi, lama berbuah dan meskipun berbuah tidak jarang sifatnya menyimpang dari induknya.

Saat ini bibit tanaman alpukat kendil cukup mudah untuk didapatkan di toko-toko bibit tanaman di sekitar Anda, atau bisa juga dibeli di SentraTani.com

PERSIAPAN LUBANG TANAM

Setelah lahan penanaman ditentukan, bersihkan dari rumput liar atau gulma, serta benda asing seperti batu, sampah plastik dan sebagainya yang dapat mengganggu.

Ukuran lubang tanam alpukat kendil adalah 60x60x60 cm, gali tanah pada lahan dengan ukuran yang telah ditentukan yaitu panjang dan lebar 60 cm dan kedalaman 60 cm, lalu diamkan selama 2 minggu.

Setelah 2 minggu lakukan pengapuran menggunakan kapur dolomit secukupnya. Kemudian campurkan tanah galian dengan pupuk dasar berupa pupuk kandang yang telah matang/telah difermentasi dan diikuti dengan penyemprotan air yang sudah dicampur dengan mikroorganisme baik yang bermanfaat untuk tanah dan tanaman.

Setelah dicampur hingga merata, masukkan pada lubang tanam hingga penuh dan diamkan kembali selama 1- 2 minggu sebelum ditanami.

Jika menanam lebih dari satu atau dalam jumlah banyak maka jarak tanamnya antara satu tanaman dengan yang lain minimal 5 meter dan jika lahan yang tersedia cukup sebaiknya 8 m.

TAHAP PENANAMAN

Untuk menanam bibit, buatlah kembali lubang tanam pada lokasi yang sebelumnya telah dibuat lubang tanam, ukurannya cukup seukuran besarnya polybag bibit saja. Tanam bibit alpukat kendil siap ditanam pada lubang tanam tersebut.

Penanaman diawali dengan membuka polybag bibit, usahakan media tanam dalam polybag tidak pecah tujuannya adalah agar setelah ditanam tanaman tidak stres.

Posisikan bibit tegak lurus/tidak miring, timbun dengan media tanam yang tersisa hingga pangkal batang. Buat sedikit gundukan pada pangkal batang tanaman agar lebih tinggi dari permukaan tanah sekitar, agar pada saat musim hujan tidak terdapat genangan air di sekitar tanaman yang dapat menyebabkan busuknya akar.

Padatkan perlahan media tanam di sekitar pangkal batang, pastikan tanaman sudah kuat tertopang, kemudian siram dengan air. Jika penanaman dilakukan pada musim kemarau berikan mulsa organik berupa rerumputan kering atau jerami di sekeliling pangkal tanaman agar kelembaban media tanaman terjaga dan untuk mengurangi penguapan.

Demikian ulasan mengenai cara budidaya alpukat kendil, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit alpukat kendil ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi: Channel Youtube DUNIA TANI TV

Bacaan Terkait