Langkah awal dalam budidaya cabe rawit dalam polybag adalah persiapan media tanam. Dalam mempersiapkan media tanam harus dilakukan dengan benar, agar tanaman dapat tumbuh dengan baik, sehat dan produktivitasnya tinggi, karena unsur hara yang disediakan untuk tanaman terbatas hanya dalam polybag saja.

Untuk itu mari simak uraian cara membuat media tanam cabe rawit di polybag berikut ini :

BAHAN MEDIA TANAM

  • Tanah, akan lebih baik jika menggunakan tanah humus.
  • Arang sekam atau sekam mentah lapuk, tujuannya agar media tanam dalam polybag tidak mudah padat, sehingga proses penyerapan air siraman lebih mudah merata ke seluruh media tanam.
  • Pupuk kandang, pupuk kompos, jika menggunakan pupuk kandang kotoran hewan, pilihlah pupuk yang telah terfermentasi dengan baik.
  • Abu pembakaran, fungsi dari abu pembakaran ini sangat banyak diantaranya adalah memiliki kandungan silica dan kalsium tinggi yang baik untuk tanaman dan juga dapat mencegah cendawan atau penyakit-penyakit yang berasal dari tanah seperti fusarium.
  • Kapur pertanian (dolomit), dolomit ini mengandung kalsium dan magnesium yang tinggi. Dolomit berfungsi untuk menetralkan ph tanah dan memudahkan penyerapan unsur hara oleh tanaman.

PENCAMPURAN MEDIA TANAM

Setelah semua bahan media tanam siap, tahap selanjutnya adalah pencampuran. Campurkan semua bahan media tanam yaitu tanah, pupuk kandang, arang sekam dan abu pembakaran dengan perbandingan 2:1:1:1/4, tambahkan dolomit secukupnya kemudian aduk semua bahan hingga merata.

Masukkan media ke polybag dengan ukuran 15×30 cm hingga penuh.

Sampai pada tahap ini, media tanam dalam polybag belum bisa langsung ditanami akan tetapi harus didiamkan terlebih dahulu pada tempat terbuka selama 2 minggu atau lebih, agar kandungan-kandungan racun dalam media menguap ke udara.

Pada awal minggu pertama lakukan penyiraman media tanam dalam polybag menggunakan air yang telah dicampur dengan pupuk hayati yaitu pupuk yang mengandung mikroorganisme.

Pada awal minggu kedua atau 1 minggu sebelum penanaman lakukan pemberian pupuk dasar berupa pupuk NPK dan TSP dengan dosis 2-3 gram per polybag, cara aplikasi pupuk ini dilakukan dengan membuat lubang menggunakan tugal, masukkan pupuk ke dalamnya dan tutup kembali. Diamkan kembali media tanam tersebut selama 1 minggu dan media tanam dalam polybag sudah siap ditanami.

Demikian ulasan mengenai cara membuat media tanam cabe rawit di polybag, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli benih cabe, arang sekam, pupuk ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Sumber : Channel Youtube INFO RAGAM PERTANIAN