Tanaman serai sudah terkenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tanaman ini juga banyak dibudidayakan sebagai toga atau tanaman obat keluarga ataupun sebagai bumbu masakan dan sebagainya.

Budidaya tanaman serai ini cukup mudah untuk dilakukan, bahkan jika anda tidak memiliki bibitnya tanaman serai ini dapat dibudidayakan dari sisa bumbu masak di dapur anda dengan menyisakan sedikit bonggolya untuk dijadikan bibit.

Selain itu penanaman serai juga cukup mudah, karena selain dapat ditanam langsung pada lahan yang luas dapat pula ditanam pada pot atau polyag dan di letakkan di pekarangan sekitar rumah anda, sehingga kebutuhan serai keluarga dapat anda cukupi melalui tanaman yang anda tanam sendiri.

Jika anda tertarik untuk menanamnya, berikut ini Cara Menanam Serai Dari Sisa Bumbu Masak.

SIAPKAN BIBIT

Sebagaimana telah dijelaskan di atas, bibit tanaman serai dapat diperoleh dari sisa bumbu masak di dapur anda dengan menyisakan sedikit bonggolya.

Caranya yaitu, sebelum serai yang dibeli di pasar digunakan untuk bumbu masak, terlebih dahulu potong pangkal batang/bonggolnya sepanjang 3-4 cm saja. Meskipun serai yang dibeli di pasar biasanya bonggol telah dibersihkan dari akar, akan tetapi tetap akan bisa tumbuh.

SIAPKAN MEDIA TANAM

Media tanam yang digunakan untuk menanam potongan bonggol serai adalah tanah, kompos dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1, aduk dan campurkan hingga merata, masukkan ke dalam polybag kemudian siram hingga merata.

TAHAP PENANAMAN

Tanam potongan bonggol serai dengan menancapkannya pada polybag, dalam satu polybag dapat ditanami beberapa batang, akan tetapi jangan terlalu rapat, kemudian siram secukupnya, letakkan di tempat teduh.

Potongan bibit serai yang ditanam sudah mulai tumbuh tunas setelah 2 hari sejak penanaman dan setelah berumur 1 minggu sudah tumbuh daun dan siap ditanam pada pot yang lebih besar ataupun ditanam langsung pada lahan.

 

TAHAP PINDAH TANAM

Siapkan wadah untuk penanaman bibit serai seperti pot atau sejenisnya, syarat wadah tersebut adalah memiliki lubang-lubang kecil di bawahnya untuk mengalirkan sisa air siraman agar tidak menggenang di dalamnya.

Media tanam yang digunakan adalah tanah, kompos dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1, aduk dan campurkan hingga merata, masukkan ke dalam pot kemudian siram hingga basah merata.

Tanam bibit pada pot tersebut dengan menanam satu bibit pada setiap pot, karena tanaman serai nantinya akan berkembang menjadi banyak dalam satu rumpun. Setelah selesai penanaman kemudian ikuti dengan penyiraman. Bibit serai yang ditanam dalam pot bisa langsung diletakkan di tempat terbuka.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Serai Dari Sisa Bumbu Masak, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit tanaman serai ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Zhi 26