Cara Menanam Sawi Sendok di Polybag

Sawi sendok merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang banyak disukai oleh berbagai kalangan masyarakat. Harganya dipasaran cukup terjangkau namun memiliki rasa yang enak, segar dan bahkan dapat diolah menjadi beragam jenis masakan.

Sawi sendok ini dapat ditanam dalam media polybag, sehingga sangat cocok bagi para pemula yang ingin menanam sawi sendok namun tidak memiliki  lahan yang luas untuk menanamnya. Dengan menanamnya sendiri maka untuk dapat menikmati sawi sendok tidak perlu lagi membelinya di pasar, melainkan dari hasil kebun sendiri.

Nah, jika Anda juga termasuk yang menyukainya, maka tidak ada salahnya untuk mencobanya membudidayakan atau menanamnya sendiri.

Untuk mengetahui penjelasan lengkap mengenai cara menanam sawi sendok di polybag, silakan simak penjelasannya berikut ini.

PERSIAPAN BENIH  DAN PENYEMAIANNYA

Sawi sendok umumnya ditanam dari benih atau bijinya, maka dari itu terlebih dahulu benih harus disiapkan. Pilihlah benih yang berkualitas unggul karena memiliki persentase pertumbuhan yang tinggi dan ketahanan yang baik terhadap serangan hama penyakit, sehingga keberhasilan budidayanya lebih besar.

Benih sawi sendok berkualitas unggul saat ini cukup mudah diperoleh di toko-toko pertanian sekitar anda atau bisa juga dibeli dari SentraTani.com.

Sebelum ditanam, benih sawi sendok perlu disemai terlebih dahulu agar nantinya saat penanaman di polybag dapat dipilih hanya bibit-bibit yang bagus dan baik pertumbuhannya saja.

Setelah benih siap, tahapan selanjutnya adalah menyiapkan media semai, yaitu berupa tanah gembur yang subur, masukkan media semai pada wadah tempat menyemai benih, seperti pot tray, polybag atau baki penyemaian, rapikan permukaannya kemudian ikuti dengan penyiraman.

Yang perlu diperhatikan dalam pembuatan media semai ini adalah usahakan agar media semai tersebut gembur dan porous agar saat penyiraman air mudah mengalir dan tidak mengendap lama dalam media semai tersebut.

Taburkan benih sawi sendok secara merata pada media semai tersebut, berikan jarak dan jangan terlalu rapat apalagi sampai bertumpuk, kemudian tutup kembali menggunakan media yang sama dan ikuti dengan penyiraman secukupnya.

Bibit sawi sendok hasil penyemaian benih sudah siap untuk dipindah tanam setelah berumur 15 hari setelah semai.

TAHAP PERSIAPAN MEDIA TANAM

Sembari menunggu bibit pada persemaian siap tanam, siapkan media tanamnya. Media tanam sawi sendok dalam polybag adalah berupa campuran tanah subur serta gembur dan sekam padi mentah dengan perbandingan 1:1, aduk semua bahan hingga merata.

Masukkan media tanam tersebut ke dalam polybag berukuran 40/50 hingga hampir penuh, kemudian ikuti dengan penyiraman.

Polybag yang digunakan harus memiliki lubang-lubang di bawahnya untuk mengalirkan kelebihan air penyiraman agar tidak mengendap terlalu lama dalam polybag.

TAHAP PENANAMAN

Buat lubang tanam pada media dalam polybag, pada setiap polybag dapat dibuat 1 lubang tanam. Cabut bibit dari persemaian dengan hati-hati agar tidak merusak perakaran. Agar lebih aman caranya dicongkel dan sertakan sedikit media tanam pada bagian akarnya. Dan untuk memudahkan dalam pencabutan bibit maka sebelumnya lakukan penyiraman.

Tanam bibit pada lubang tanam yang telah dibuat dengan sedikit dipadatkan agar bibit erat tertanam dan tidak mudah goyah, kemudian siram secukupnya.

Lakukan penyiraman secara rutin agar kebutuhan airnya tercukupi dengan baik. Lakukan pula penyiangan gulma yang tumbuh disekitar tanaman pada polybag.

Setelah 5 hari dari penanaman, bibit sawi sendok sudah mulai terlihat pertumbuhannya. Sejak usia ini tanaman sawi sendok sudah dapat dipupuk agar tanaman lebih subur. Namun sebelum dipupuk, gemburkan terlebih dahulu media tanamnya.

Adapun pupuk yang diberikan adalah pupuk NPK 16:16:16 yang diaplikasikan dengan cara dikocor atau disiramkan. Dosisnya adalah 2 sendok makan NPK untuk setiap 18 liter air bersih. Cara pemupukannya adalah dengan mengocorkan/menyiramkannya menggunakan gembor. Pemupukan ini dilakukan setiap 3 hari sekali.

Pada usia 15 hari setelah tanam, lakukan pemangkasan pada daun tua dan tidak produktif pada batang bagian bawah. Lakukan pula penggemburan kembali pada media tanamnya.

Tanaman sawi sendok sudah dapat dipanen setelah berumur 30 HST, cara panennya yaitu dengan memangkas pangkal batangnya.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Sawi Sendok di Polybag, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli benih sawi sendok ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube oky channel

Bacaan Terkait

Cara Semai Benih SawiCara Semai Benih Sawi

Sawi atau caisim merupakan sayuran yang disukai banyak orang, dan bisa dikombinasikan dengan makanan lainnya, cara menanamnya pun mudah sehingga andapun bisa menanamnya sendiri. Bahkan jika anda tidak memiliki lahan