Bawang merah (Allium ascalonicum) merupakan tanaman semusim yang umbinya banyak dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat dilihat dari permintaan pasar akan bawang merah yang masih cukup tinggi dimana hal ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi para petani pembudidayanya.

Para petani bawang merah tentu menginginkan tanaman bawang merah yang dipelihara mampu menghasilkan umbi yang berukuran besar dan jumlahnya banyak. Untuk mewujudkan hal tersebut terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhinya, diantaranya adalah faktor bibit, faktor perawatan dan faktor pemupukan.

PEMILIHAN BIBIT

Sebelum melakukan penanaman pastikan bahwa bibit yang akan ditanam adalah bibit bawang merah yang berkualitas dan benar-benar sudah tua sehingga perawatannya mudah dan tumbuh dengan optimal dan memiliki umbi yang besar. Dan pastikan pula bahwa bibit yang digunakan adalah bibit yang sehat.

PERAWATAN

Perawatan tanaman bawang merah harus dilakukan dengan ekstra agar tanaman dapat tumbuh secara optimal dan juga terhindar dari serangan OPT atau organisme pengganggu tanaman yang berupa hama, penyakit dan gulma, karena keberadaan OPT  merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan pertumbuhan dan produksi tanaman. Maka dari itu agar lebih efektif perawatan tanaman bawang merah dari OPT sebaiknya dilakukan secara preventif atau pencegahan sebelum adanya  serangan.

PEMUPUKAN

Pemupukan ini merupakan faktor penentu karena pemupukan ini merupakan kunci dari kesuburan tanaman agar dapat tumbuh dan berproduksi secara optimal. Terutama pemupukan bawang merah menjelang fase generatif atau pada usia 20-30 HST, dimana pupuk yang digunakan haruslah pupuk dengan kandungan unsur hara yang dapat menunjang pertumbuhan generatif yaitu pembesaran umbi dari tanaman bawang merah tersebut. Adapun pupuk yang dapat digunakan adalah pupuk dengan kandungan kalium (K) yang tinggi seperti misalnya pupuk KCL.

Selain itu berikan pula nutrisi tambahan berupa pupuk KCL cair, Gandasil B dan KNO buah yang diaplikasikan dengan cara dispraykan minimal 3 hari sekali.

Demikian ulasan mengenai Cara Memperbesar Umbi Bawang Merah, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit bawang merah, pupuk ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi: Channel Youtube Cv No1