Cara Membuat Trichoderma Cair

Untuk memudahkan dalam pengaplikasian trichoderma pada lahan, salah satunya adalah dengan membuatnya menjadi cair. Cara membuat trichoderma cair ini cukup mudah, bahan yang dibutuhkan pun sederhana. Pada prinsipnya, membuat trichoderma cair ini adalah melarutkan trichoderma yang sudah jadi ke dalam air, namun dengan cara dan bahan tertentu serta proses lain yang harus dilalui.

Nah bagaimana cara membuat trichoderma cair dan apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

BAHAN DAN ALAT

  • Trichoderma padat
  • 250 gram gula merah yang telah dihaluskan/dicairkan
  • 3 liter air cucian beras
  • Jerigen kapasitas 5 liter

CARA PEMBUATAN

Haluskan trichoderma jika menggunakan trichoderma padat, misalnya trichoderma yang dibuat dengan media nasi atau jagung. Haluskan dengan memotongnya menjadi bagian-bagian yang kecil, untuk memudahkannya, tuangkanlah trichoderma dalam wadah semacam mangkuk, lalu tambahkan air atau larutan gula merah.

Setelah halus, masukkan trichoderma tersebut ke dalam jerigen yang telah disiapkan. Masukkan larutan gula merah, dan tambahkan air cucian beras, namun jangan terlalu penuh, cukup hingga ¾ bagian jerigen kemudian tutup rapat. Aduk atau kocok hingga tercampur merata.

Letakkan di tempat teduh yang terhindar dari sinar matahari secara langsung dan diamkan selama 7 hari untuk proses fermentasi.

Dan setelah proses fermentasi selama 7 hari, trichoderma cair sudah siap untuk digunakan.

Cara penggunaannya adalah dengan terlebih dahulu melarutkannya ke dalam air dengan dosis 1 liter trichoderma cair untuk dilarutkan ke dalam 10 liter air. Cara aplikasinya yaitu dengan cara dikocorkan atau disiramkan merata pada media tanam sebelum proses penanaman misalnya atau saat pengolahan lahan, pada pembibitan dan pada pertanaman.

Jamur trichoderma ini bersifat antagonis yang berfungsi untuk melawan semua jamur patogen, jamur jahat yang dapat menyebabkan penyakit pada tanaman.

Demikian ulasan mengenai cara membuat trichoderma cair, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli pestisida ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube AZ KAUR NEW

Bacaan Terkait