Biasanya buah strawberry banyak dibudidayakan di dataran tinggi, suhu yang dingin sangat cocok bagi tanaman strawberry agar tumbuh secara maksimal.

Strawberry tumbuh subur pada suhu sekitar 17˚C – 20oC, namun jangan terlalu dingin batas yang terdingin untuk tanaman ini adalah 4oC – 5oC.

Strawberry membutuhkan sinar matahari selama 8 jam penuh. Curah hujan berkisar 600 – 700 mm/tahun, dan menghendaki ketinggian pada 500 sampai 1300 mdpl.

Berikut ini cara agar tanaman strawberry berbuah besar pada media tanam berupa polybag.

  1. Buat media tanam yang baik yaitu dengan campuran tanah, kompos, pupuk kandang, dan ditambah kulit pisang yang dipotong kecil-kecil tujuannya supaya tanaman terhindar dari serangan hama dan virus tanaman dan buah lebih manis.
  2. Buang daun-daun yang sudah tua dan rusak dengan cara mengguntingnya, tujuannya agar nutrisi yang diserap dari dalam tanah terfokus pada pembungaan dan pembuahan.
  3. Buang sulur dengan cara mengguntingnya dan sisakan satu sulur agar tanaman induk tidak terbebani dan nutrisi terfokus pada pembungaan dan pembuahan.
  4. Lakukan pemupukan jika diperlukan.

Tanaman strawberry akan mulai tumbuh bunga pada umur 2 bulan dan jika sampai umur 2 bulan belum tumbuh bunga, maka lakukanlah pemupukan dengan cara dikocor menggunakan pupuk NPK yang dilarutkan dalam air, kemudian siramkan dengan dosis untuk satu ember air campurkan larutan NPK sebanyak 1 cangkir. Kemudian lakukan penyiraman pupuk dengan hati-hati dan jangan sampai terkena batang tanaman.

  1. Lakukan penjarangan buah dan sisakan bakal buah yang terbaik agar buah tumbuh besar, karena biasanya dalam satu tanaman bisa memunculkan 20-30 bakal buah, sisakan kira-kira 10 bakal buah agar buah tumbuh optimal dan besar.

Selain langkah-langkah diatas perawatan tanaman yang tepat juga perlu dilakukan antara lain :

  • Penyiraman
    Lakukan penyiraman pagi atau sore, jangan dilakukan pada siang hari karena terik matahari membuat suhu tidak stabil. Lihat terlebih dahulu kelembaban polybag anda jika dirasa kering maka anda harus menyiramnya.
  • Penyiangan
    Penyiangan secara rutin harus dilakukan, cabut rumput atau gulma yang tumbuh dan bersihkan jika ada daun kering atau yang kuning pada tanaman.
  • Pengendalian hama  dan penyakit.                                                         .
    Pengendalian hama penyakit sangat dibutuhkan, setidaknya anda harus mengatur jarak tanam yang cukup luas, jika tanaman dibuat terlalu dekat maka kelembaban naik dan bisa menjadi sarang hama dan penyakit. Hama yang biasanya menyerang adalah hama ulat, untuk mengendalikannya anda bisa menggunakan pestisida berjenis kontak, yang bisa anda  dapatkan di toko-toko pertanian di daerah anda.

Demikian  cara tanaman strawberry berbuah besar, semoga menjadi inspirasi dan bermanfaat untuk anda semua.

Untuk membeli benih strawberry  silakan kunjungi SentraTani.com.

Sumber : Channel Youtube Stia Horbo